Pentingnya membangun mental kerja sama anak sejak dibangku sekolah dasar

Pentingnya membangun mental kerja sama anak sejak dibangku sekolah dasar
Membangun mental bekerja sama
Membangun mental kerja sama antar sesama semenjak kecil - Mendidik karakter anak, merupakan tugas yang harus di lakukan oleh orang tua dan juga guru pendidik. Karakter bisa menentukan masa depan dari si Anak. Jadi, dibutuhkan karakter baik dan positif, agar mereka dapat menghadapi masa depan dengan persiapan total dan sanggup menghadapi apa saja.

Bahkan, di katakan, karakter seorang anak, lebih menentukan kesuksesan dia di masa depan, dari pada hanya mengandalkan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan, jika tidak di barengi dengan karakter positif dan pekerja keras, biasanya hanya sia-sia, karena sang anak, tidak akan sanggup menyalurkan ilmu pengetahuan yang dia miliki.
Namun, dengan karakter, meski si anak cuma memiliki ilmu pengetahuan yang rendah, dengan kerja keras dan pantang menyerah, jelas bahwa ilmu pengetahuan akan bisa dia dapatkan.

Meski begitu, pembentukan karakter dari si Anak, jika tidak ada bantuan dari pendidik dan orang tua, merupakan hal yang mustahil untuk di bentuk. Harus ada yang menjadi pemicu untuk membangkitkan karakter si Anak, inilah yang menjadi tugas si Guru atau orang tua untuk menemukannya.

Meski dibenarkan untuk murid belajar sendiri, mengerjakan tugas sendiri, namun ada saat dimana para murid juga sebaiknya di ajarkan untuk belajar bekerja sama, agar tau bahwa mereka harus melakukan sesuatu bersama-sama, ketika di hadapkan pada sebuah kesulitan.

Jadi, alangkah baiknya, jika sebagai guru, juga mengajarkan mereka, para anak murid, pentingnya bekerja sama saat menghadapi kesulitan yang di rasa cukup sulit untuk di atasi sendiri.

Bekerja sama, selain akan membuat murid tahu bahwa ada banyak kesulitan yang akan di hadapi dalam hidup, sulit untuk di selesaikan sendiri, juga untuk memberi tahu mereka, bahwa hidup punya berbagai macam cobaan, dari yang mudah sampai yang sulit.

Saat menghadapi suatu kesulitan yang mudah, mungkin diri sendiri jika mau bekerja keras, bisa mengerjakan atau menyelesaikannya sendiri. Namun hal itu tidak pantas membuat kita jadi bertenang diri. Bisa saja akan tiba masalah yang cukup pelik, dan dapat menyiksa diri kita secara pribadi, butuh kerja sama agar dapat menyelesaikannya.

Disinilah kerja sama mereka sebagai pribadi di tunjukkan. Dengan begitu, mereka yang memang sudah terasah karakternya untuk membantu sesama dengan bekerja sama, akan menyadari dan langsung bertindak membantu teman yang kesulitan. Pun begitu dengan mereka, yang mana mentalnya di biarkan begitu saja, akan terlihat bagaimana responnya ketika teman mereka menghadapi kesulitan.

Dan biasanya, karakter yang di bangun sejak kecil, akan terbawa-bawa sampai dia besar.
Lebih baik membangun mentalnya untuk bekerja sama sedari dini, daripada ketika dia sudah dewasa dan karakter buruk sudah terbentuk.

Ini juga berdasarkan pepatah yang begitu di benarkan semua orang tentang "Belajar di waktu kecil, bagai mengukir di atas batu, belajar di waktu besar, bagai mengukir di atas air".

Karena itu, harap di perhatikan dan ajarkan anak-anak mental bekerja sama menolong antar sesama kepada anak semenjak kecil untuk persiapan mereka menghadapi masa depan.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar sesuai artikel

dimohon sebisanya tidak spam

Amat menghargai segala kritik dan saran